Macam – macam register dalam komputer

REGISTER
Register adalah sebagian kecil memori komputer yang dipakai untuk tempat penampungan  data dengan ketentuan bahwa data yang terdapat dalam register dapat diproses dalam berbagai operasi dengan melihat berapa besar kemampuan menampung register tersebut.
Register dapat dibagi dalam 5 golongan, yaitu:
1.             General Purpose Register (Scratch-Pad Register), terdiri dari:
·      AX (AH + AL)    = Accumulator Register
·      BX (BH + BL)    = Base Register
·      CX (CH + CL)   = Counter Register
·      DX (DH + DL)   = Data Register
2.             Segment Register
·      CS                      = Code Segment Register
·      DS                      = Data Segment Register
·      SS                      = Stack Segment Register
·      ES                      = Extra Segment Register
3.             Pointer Register
·      IP                        = Instruction Pointer Register
·      SP                      = Stack Pointer Register
·      BP                      = Base Pointer Register
4.             Index Register
·      SI                        = Source Index Register
·      DI                        = Destination Index Register
5.             Flag Register

 

Ö  GENERAL PURPOSE REGISTER
General Purpose Register terdiri dari emapt buah (4) register yang mempunyai kemampuan 16 bit dan dapat dibagi menjadi Register Low dan High Bits yang masing-masing berkemampuan 8 bit.
ü   Register AX
Register AX merupakan register aritmatik, karena register ini selalu dipakai dalam operasi penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.
Setiap register general purpose mempunyai Register Low dan Register High, maka untuk AX register low-nya adlaah AL dan register high-nya adalah AH. Register AH merupakan tempat menaruh nilai service number untuk beberapa Continue reading
By Muhajir Posted in Umum

Pengertian dan Jenis Processor

Gambar

Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.

Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah Continue reading

Mengenal Jenis-Jenis Komputer

Gambar

Komputer telah merambah ke berbagai sektor dalam kehidupan kita, tidak saja digunakan oleh orang kantoran, akademisi, mahasiswa, anak-anakpun sudah terbiasa dengan komputer ini. Secara sederhana, komputer dapat kita definisikan sebagai perangkat elektronik yang menerima input (dapat berupa input dari keyboard, mouse, sidik jari, retina mata, dan lain-lain) kemudian di proses oleh prosesornya dan ditampilkan melalui monitor atau dalam bentuk hardcopy (printer).  Banyak sekali pembagian atau kriteria yang melekat pada komputer, berikut ini kita bahas 8 macam jenis komputer.

1.    PC atau Personal Computer
Sesuai dengan namanya personal komputer,maka PC adalah komputer yang ditujukan untuk pemakaian satu orang atau dimiliki secara pribadi. Sebelum PC ini muncul, komputer dahulunya berwujud sangat besar, sehingga hanya dimiliki oleh perusahaan tertentu saja. PC pertama bernama Altair yang diproduki oleh MITS pada tahun 1975 Continue reading

Mengenal Bagian dan Komponen Komputer

Mengenal Bagian dan Komponen Komputer | Komputer – Salah satu hasil dari kecanggihan teknologi adalah Komputer atau PC. Hampir semua orang yang bekerja di kantor, siswa yang belajar di sekolah, atau anak yang bermain game di rumah sudah mengenal kata komputer.

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Apa saja bagian dan komponen yang menyusun perangkat canggih ini sehingga dapat melakukan banyak hal? Untuk menjawab pertanyaan tersebut dan mengenal bagian dan komponen pada komputer lebih jelas, silahkan Sobat baca dan simak tulisan pada artikel ini selanjutnya.

Bagian Pada Komputer

Secara garis besar, bagian komputer terdiri dari 2, yaitu:

A. Perangkat Keras atau Hardware

B. Perangkat Lunak atau Software

Lebih lanjut 2 bagian besar pada komputer tersebut dibagi menjadi beberapa komponen.

A. Perangkat Keras atau Hardware

 

1. CASING

Gambar

Casing merupakan komponen komputer yang berfungsi sebagai pakaian atau pelindung dari CPU (Central Processing Unit). Bentuk yang umum adalah Continue reading

Pengenalan PHPMyAdmin

Database dalam perkembangan website saat ini mutlak diperlukan guna menunjang sifat website yang user friendly dan interaktif. Pada tutorial ini akan dibahas tentang database MySQL untuk pengembangan website. Seperti pada tutorial sebelumnya, bahwa untuk dapat membaut database digunakan CMD. Namun, diperlukan pemahaman perintah SQL yang mendalam untuk dapat melakukannya. Ada cara lain yang dapat anda gunakan selain dengan CMD yaitu melalui jendela PHPMyAdmin. Berbeda dengan CMD yang berbasis command line, PHPMyAdmin berbasis GUI (Graphical User Interface), jadi untuk membuat suatu database tidak dibutuhkan pemahaman perintah SQL secara mendalam karena interface yang user friendly. Untuk dapat menggunakannya, silahkan buka web browser anda (Firefox, Gogle Chrome, IE, Opera, dll). Ketikkan http://localhost/phpmyadmin pada address bar. Maka akan tampil jendela PHPMyAdmin seperti pada gambar berikut ini.

Gambar

Pada gambar di atas terdiri dari 2 bagian, yaitu jendela sebelah kiri merupakan daftar database yang telah dibuat, sedangkan yang disebelah kanan adalah jendela untuk melakukan perintah SQL dengan interfacenya. Selain untuk membuat database dan tabel, phpmyadmin juga dapat mengatur privillege dari seorang user MySQL serta setting MySQL lainnya. Sekarang anda Continue reading

Pengertian Netcut

Gambar
 
Netcut, begitulah orang-orang menyebutnya…
 
Nah, apakah netcut itu? Penasaran….??? baca sampai habis….
 
Berdasarkan pengalaman yang kudapatkan dari temen-temen dan browsing aku menyimpulkan apa itu manfaat netcut….!!!
 
Menurut pandanganku netcut itu adalah sebuah software yang digunakan untuk meng cut IP dari komputer lain pada sebuah jaringan komputer melalui jalur LAN untuk mematikan koneksi internet dari Continue reading

Pengertian Cisco Packet Tracer

Gambar

Cisco Paket Tracer 5.3 adalah sebuah solusi bagi para pembelajar cisco untuk membuat konsep jaringan sementara, mungkin bisa juga di terapkan untuk implementasi sebenarnya sebelum membuat jaringan yang benar-benar nyata.

Packet tracer melengkapi kurikukum Networking Academy di cisco untuk mempermudah pengajaran, menunjukkan konsep teknis yang rumit dan merancang sistem jaringan dengan jumlah perangkat yang hampir tak terbatas, mendorong praktik, penemuan, dan pemecahan masalah. Siswa dapat membangun, mengkonfigurasi, dan atasi masalah jaringan menggunakan peralatan virtual dan koneksi disimulasikan, sendiri atau bekerja sama dengan Continue reading